• Home
  • /
  • KELOMPOK KKN 42 MENGAJARKAN HIDUP SEHAT DAN BERSIH KEPADA SISWA-SISWI SEKOLAH DASAR

KELOMPOK KKN 42 MENGAJARKAN HIDUP SEHAT DAN BERSIH KEPADA SISWA-SISWI SEKOLAH DASAR

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) mempengaruhi status kesehatan individu, sehingga sangat penting jika diterapkan sejak dini.

Pengertian dari PHBS itu sendiri adalah sekumpulan perilaku yang di praktikan atas dasar kesadaran sebagai hasil pembelajaran, yang menjadikan seseorang, keluarga, kelompok atau masyarakat mampu menolong dirinya sendiri di bidang kesehatan dan berperan aktif dalam mewujudkan kesehatan masyarakat.

            Kelompok KKN 42 Desa Pamulihan 02 Kecamatan Cisurupan menerapkan cara hidup sehat dan bersih kepada siswa-siswi Sekolah Dasar dengan tujuan meningkatkan pengetahuan siswa-siswi untuk tumbuh sehat dan cerdas dan meningkatkan peran aktif dalam sekolah, salah satunya dengan cara mencuci  tangan dan menggosok gigi dengan baik dan benar, kegiatan ini dilakukan kepada kelas I sampai VI bahkan guru-gurupun ikut berpartisipasi.

Manfaat dari PHBS yaitu terciptanya sekolah yang bersih dan sehat sehingga siswa, guru dan masyarakat lingkungan sekolah terlindungi dari berbagai gangguan ancaman penyakit, meningkatkan semangat proses belajar mengajar yang berdampak pada prestasi belajar siswa.

Selain mengajarkan bagaimana mencuci tangan dan menggosok gigi yang benar, Kelompok KKN pun menerapkan nilai-nilai untuk hidup bersih dan sehat agar terhindar dari penyakit.

            Membiasakan hidup bersih dan sehat pada anak-anak memang tidak mudah, diperlukan kesabaran dan ketelatenan. Untuk itu, kebiasaan hidup bersih dan sehat perlu di ajarkan sedini mungkin. Hal ini perlu dilakukan agar anak-anak terbiasa dengan kebiasaan yang sehat, sehingga nantinya akan terbawa sampai dewasa bahkan bisa diajarkan kembali pada keturunannya nanti.

Dengan kegiatan PHBS ini berharap agar anak-anak Sekolah Dasar  bisa menerapkan kebiasaan ini di lingkup sosial seperti pada keluarga mereka ataupun dilingkup yang luas seperti masyarakat.

Leave Your Comment Here