• Home
  • /
  • SPIRIT D.I.Y DAN GOTONG ROYONG MASYARAKAT DESA MEKARMULYA

SPIRIT D.I.Y DAN GOTONG ROYONG MASYARAKAT DESA MEKARMULYA

Oleh : Kelompok KKN Mekarmulya 2

Talegong (20/01/2019). Desa Mekarmulya, warganya masih menjaga kelestarian budaya gotong royong. Kegiatan gotong royong ini merupakan kegiatan yang rutin dilakukan satu minggu sekali setiap hari Minggu sekitar pukul 7 pagi sampai dengan waktu adzan dzuhur dan diikuti oleh berbagai lapisan elemen masyarakat,  Jajat Sudrajat selaku Kepala Desa Mekarmulya juga turun langsung ke lapangan setiap kali dilakukannya kegiatan kemasyarakatan tersebut. Selain melakukan kegiatan yang berdampak positif pada kemajuan dan kesejahteraan warga Desa Mekarmulya, kegiatan ini juga diharapkan bisa membentuk kerjasama dalam  mempererat jalinan tali silaturahmi antara warga kampung di Desa Mekarmulya.

Dalam kegiatan kerja bakti ini warga Desa Mekarmulya mengusung program pembuatan jalan desa, karena banyak akses jalur transportasi yang dinilai masih sangat kurang layak untuk di lewati oleh kendaraan, baik itu kendaraan roda dua maupun kendaraan  roda empat apalagi ketika memasuki musim hujan, keadaan jalan yang masih berupa tanah merah dan bongkahan batu-batu kecil akan sangat lembab ketika terkena air hujan,  mengakibatkan jalan menjadi becek dan licin serta akan sangat sulit untuk dilalui. Kegiatan ini tidak hanya dilakukan di satu lokasi saja tetapi, dilakukan di beberapa titik lokasi yang memiliki kerusakan jalan yang sangat parah.

Semangat gotong royong warga Desa Mekarmulya ini patut diacungi jempol dan wajib dicontoh oleh desa-desa berkembang lain, disamping kegigihannya dalam pembuatan akses  jalur transportasi yang mereka usung dengan bermodalkan tenaga dan peralatan seadanya, program ini juga diakukan atas dasar kemauan dan kesadaran  masyarakat serta Kepala Desa Mekarmulya sendiri mengenai budaya  gotong royong dalam gerakan membangun desa  tanpa ada sedikitpun bantuan dana dari pemerintah.

Masyarakat berharap agar pemerintah setempat lebih memperhatikan keadaan desa-desa terpencil dan segera mengirim bantuan berupa materi sehingga program pembangunan jalan ini dapat dengan cepat terselesaikan dan bisa dipergunakan  dalam waktu dekat. Karena selain sebagai jalur transportasi, pentingnya gerakan pembuatan jalan ini juga diharapkan bisa meningkatkan perekonomian masyarakat Desa Mekarmulya.

Leave Your Comment Here