• Home
  • /
  • Kelompok 34 Desa Cidatar Ajak Wanita Harus Cerdas Dalam Memilih Kosmetik

Kelompok 34 Desa Cidatar Ajak Wanita Harus Cerdas Dalam Memilih Kosmetik

GARUT-   Kelompok 34 Desa Cidatar menggelar seminar “Bahaya Penggunaan Kosmetik Ilegal” dihadiri oleh PKK dan Kader Desa Cidatar yang diselenggarakann di Aula Kantor Desa Cidatar Kecamatan Cisurupan Kabupaten Garut, pada hari Sabtu, (9/2). Adapun tema dalam seminar tersebut adalah “Wanita Cerdas, Selektif Memilih Kosmetik” sebagai wujud keprihatinan terhadap maraknya kosmetik illegal yang beredar dipasaran. Sehingga diharapkan kegiatan ini dapat memberikan wawasan dan pengetahuan khususnya bagi kaum wanita.

Dalam kegiatan tersebut, pihak panitia menghadirkan Framesti Frisma Sriatumtias, S.Farm, M.Si yang merupakan dosen Farmasi di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Garut yang menjadi narasumber dalam seminar tersebut.

Menurut Rizki Haidar selaku ketua pelaksana seminar “Bahaya Penggunaan Kosmetik Ilegal” dari kelompok KKN Tematik UNIGA 2019 mengatakan, penyelenggaraan seminar ini merupakan wujud kepedulian kami terhadap maraknya kosmetik illegal yang beredar dipasaran serta untuk memberikan pemahaman bagi kaum wanita untuk memilih dan menggunakan kosmetik yang aman, bermutu dan bermanfaat. Diharapkan dengan adanya seminar ini kaum wanita akan lebih selektif terhadap penggunaan kosmetik.

Sementara menurut Ibu Framesti Frisma Sriatumtias, S.Farm, M.Si menyampaikan, tingginya antusiasme kaum wanita terhadap penggunaan kosmetik seharusnya dapat mendorong kaum wanita lebih selektif dalam memilih kosmetik yang digunakan. Para wanita harus memperhatikan aspek mutu, keamanan dan pemanfaatan serta memastikan produk kosmetik yang digunakan telah melalui proses pengawasan BPOM untuk menjamin kualitas produk. Bahkan pada saat sekarang, kita bisa langsung mengecek suatu produk dengan mengunduh aplikasi di smartphone untuk melihat produk tersebut telah lulus uji BPOM atau tidak.

 “Cara pemakaian yang salah hingga penggunaan kosmetik illegal dapat menyebabkan iritasi, jerawat dan kerusakan permanen pada kulit bahkan menyebabkan kanker pada kulit. Maka dari itu kaum wanita harus mengetahui kondisi kulit dan jenis kosmetik untuk mengetahui jenis produk yang tepat dan sesuai untuk digunakan,”jelasnya.

Leave Your Comment Here