Panggalih-1(16/01/2019). Kelompok KKN Universitas Garut di Kecamatan Cisewu Desa Panggalih-1 mengikuti kegiatan rutin Posyandu yang dilakukan di Dusun 1 pada tanggal 16 Januari 2019  yang biasanya diadakan seminggu sekali. Kegiatan tersebut bertujuan untuk  melakukan pelayanan terhadap masyarakat dalam bidang kesehatan terutama balita, ibu hamil, dan lansia.

Kegiatan posyandu dimanfaatkan oleh masyarakat karena pelayanan yang diberikan oleh pihak posyandu untuk balita yaitu pemeriksaan berat badan, pemeriksaan tinggi badan, pemeriksaan kesehatan, pemberian obat untuk balita yang sakit dan imunisasi. Sedangkan untuk lansia yaitu pemeriksaan tekanan darah, pemeriksaan berat badan, pemeriksaan kesehatan, serta pemberian obat jika diperlukan.

Kegiatan posyandu ini dimulai pada pukul 08:00 WIB yang bertempat di MI Miftahul Khoer RT/RW 03/01. Kegiatan posyandu berlangsung lancar, warga yang memiliki balita berdatangan dengan antusias untuk memeriksa anak-anaknya.

Pertama-tama balita ditimbang, kemudian setelah ditimbang balita akan diperiksa oleh bidan yang bertugas pada saat kegiatan posyandu tersebut. Setelah diperiksa, balita akan diberikan obat jika diperlukan. Setelah pemeriksaan balita selesai, petugas posyandu selanjutnya memberikan penyuluhan terhadap makanan-makanan yang bergizi untuk balita.

Dengan keterbatasan alat dan pelayanan serta jarak yang cukup jauh posyandu Anggrek tetap rutin dilakukan dan senantiasa melayani masyarakat untuk hidup lebih sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *